Tuesday, February 19, 2013

LAHAN PADI SEMAKIN HABIS

tgl 4 februari 2013
Desa stabat lama barat kecamatan wampu kabupaten langkat sumatra utara desa ini ditahun sembilan puluhan memiliki areal persawahan yang menyambung sampai kedesa desa yang lain hinga melintasi tiga kecamatan kecamatan wampu hinai dan tanjung pura dan areal persawahan luasnya tiga ribu lima ratus hektar lebih kini hampir tekikis separuh lebih oleh adanya  bangunan dan serta bergantinya persawahan dengan tanaman keras seperti kelapa sawit serta karet dulu bila dilihat saat musimpanen kita memandang persawahan ini seperti melihat samudara padi yang tiada ujungya saat saya menemui bapak sadikinyan kayaknya agak kecewa dengan hasil panenya iya menerangka ''mau macemana lagi lawong sawah saya jarang kebagian air sawah saya agak tinggi kalok ngak ujan seminggu udah kering jadi ya kayak gitu ''waktu saya tanya ''cocoknya cemana pak kalok kita usul sama pemerintah tentang sawah ini ?_''alah percumah aku dulu perah di ajak sama bapak kepala desa yang dulu dikantor gubenur medan sampek disana kepala dinas ngak open orang Pak kades pingin ngusul supaya ada irigasi waktu itu''jadipak kalo ada iri gasi nggak macam ini ya ?_pak  ''jelas ini awak rajin tanam padi yang lain tanam sawet ya tikus tok! areal kayak gini luasnya kok ngak ada irigasi padahal mereka semua makan nasik''dengan nada kecewa pak dikin beranjak dari hadapan saya sambil membawa tali dari sebuah pelepah pisang untuk ngikat rumput buat makan ternaknya malum pak dikin lagi kesel dan saya tak berani ngomentari lebih banyak

No comments:

Post a Comment